Mengenal Apa Itu SERP (Search Engine Result Pages)

Mengenal Apa Itu SERP (Search Engine Result Pages) ?

Di era sekarang ini sudah bukan hal yang asing lagi dan bahkan sudah ada jutaan halaman website yang dimiliki masyarakat Indonesia khususnya. Namun teryata masih ada yang lebih penting lagi tentunya bagi pemasaran digital yang berhubungan dengan halaman mesin pencari (Search Engine), yaitu SERP (Search Engine Result Page).

Para pelaku bisnis pengoptimalan Search Engine dan Advertiser PPC berlomba-lomba dalam bersaing untuk mendapatkan cerug berharga yang sama untuk berada di posisi paling menonjol di SERP ini, namun pada realitanya ternyata persaingan sangat ketat dan perkembangan teknologi dalam pencarian search engine menjadi semakin penting bagi Digital Marketer untuk mengetahui cara kerja mesin pencarian serta apa saja yang masyarakat cari dan minati, dengan tujuan yaitu untuk memaksimalkan visibilitas website mereka atau kliennya.

Hasil halaman mesin pencari adalah halaman pada website search engine yang disajikan kepada pengguna ketika mereka mencari sesuatu secara online menggunakan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Para pengguna memasukkan keyword atau kata kunci permintaan pada pencarian mereka, lalu secara otomatis mesin pencari menampilkan kepada mereka hasilnya. Inilah yang dimaksud dengan SERP.

Setiap hasil yang dihasilkan SERP masing-masing individu akan unik dan berbeda-beda, bahkan untuk permintaan pencarian yang dilakukan pada mesin pencari yang sama menggunakan kata kunci atau permintaan pencarian yang sama. Ini karena hampir semua mesin telusur menyesuaikan behaviour (kebiasaan) bagi penggunanya dengan menyajikan hasil berdasarkan berbagai faktor berdasarkan penelusuran mereka sebelumnya ataupun saat itu, seperti lokasi fisik pengguna, riwayat penelusuran, dan setting sosial mereka.

Terdapat Dua jenis SERP yang mungkin tampak identik, dan terkesan berisi banyak hasil yang sama, tetapi juga sangat sering menampilkan perbedaan yang tanpa disadari penggunanya. Kedua jenis SERP itu adalah:

 

SERP Organic

Hasil pencarian organik adalah daftar hasil pada halaman web yang muncul sebagai hasil dari algoritma mesin pencari (lihat pada gambar di bawah ini). Jasa Profesional pengoptimalan SERP ini pada umumnya dikenal sebagai Jasa SEO yang berspesialisasi pada mengoptimalkan konten website untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik.

serp organic
serp organic

SERP Paid (Berbayar)

Tidak sama dengan hasil organik, SERP yang berbayar adalah hasil pencarian yang dibayar untuk ditampilkan oleh jasa pengiklan. Pada hasil SERP yang berbayar dulu sebelumnya secara eksklusif muncul berbentuk iklan kecil berbasis teks yang biasanya ditampilkan di atas dan di sebelah kanan hasil SERP organik. Tapi sekarang-sekarang ini SERP berbayar dapat tampil dan terlihat menjadi berbagai bentuk, dan ada banyak format ukuran iklan yang memenuhi kebutuhan pemasang iklan yang telah disediakan.

paid serp
paid serp

Leave a reply: