Mari mengenal apa itu VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan Jaringan pribadi virtual (VPN) memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau jaringan publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Aplikasi yang berjalan melalui VPN ini dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi si pemakainya.

Saat ini VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya adalah tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Fungsi & Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN sederhananya adalah melakukan enkripsi pertukaran data, bahkan sebelum koneksi publik membacanya. Ketika kita terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN, kita seakan-akan seperti mengakses internet menggunakan lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN yang kita gunakan bertugas untuk meneruskan koneksi kita ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang kita lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN tersebut, bukan jaringan yang kita gunakan pada saat itu.

Jadi ketika kita menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan akan secara langsung (direct) tanpa adanya enkripsi. Sedangkan jika kita menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi terlebih dahulu dan dilewatkan melalui server VPN tersebut.

Leave a reply: