6 Istilah dasar yang penting untuk kamu ketahui dalam dunia Internet

Dasar pengetahuan web hosting berikut ini akan membantu Anda lebih memahami akan kebutuhan Anda atau rasa frustrasi yang timbul dalam pengelolaan akun hosting web Anda. Berikut ini merupakan beberapa istilah yang sering Anda dengar jika Anda seorang yang berkecimpung dalam dunia Internet.

1. World Wide Web (WWW) terdiri dari jutaan halaman website yang terletak di server di seluruh dunia. Setiap halamannya memiliki alamat yang disebut URL dan berisi link yang dapat diklik yang dapat mengarahkan pengunjung ke halaman website lainnya.

2. Web Hosting adalah sebuah layanan online yang memungkinkan perusahaan maupun individu yang membuat halaman situs web mereka sendiri untuk dapat diakses di World Wide Web seluruh penjuru dunia. Sebuah halaman situs web di-host (diletakkan/disimpan) di sebuah server yang ruang penyimpanannya disediakan oleh masing-masing perusahaan web hosting. Untuk sebuah server itu sendiri biasanya terletak di pusat data.

3. Nama domain adalah nama unik yang mengidentifikasikan sebuah situs web di Internet. Nama domain ini terdiri dari dua atau lebih bagian yang dipisahkan oleh titik, misalnya, republikmurah.com atau ruanghosting.co.uk, di mana “republikmurah” adalah nama domain level kedua (SLD), sedangkan “.com” dan “.co.uk” adalah nama domain level teratas (TLD). Anda dapat mengakses republikmurah.com, misalnya, dengan mengetik baik http://republikmurah.com atau http://www.republikmurah.com pada web browser Anda.

4. Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer ke atau dari sebuah situs web atau server, biasanya diukur dalam bit per detik. Seluruh halaman teks berukuran sekitar 16.000 bit, sedangkan modem cepat dapat memindahkan hampir 56.000 bit untuk satu detik. Tergantung pada kondisi kompresinya, sebuah konten video mungkin dapat melibatkan kecepatan transmisi sekitar 10.000.000 bit per detik.

5. HTML (HyperText Markup Language) adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk tujuan pembuatan halaman web. File HTML dirancang agar dapat dilihat menggunakan browser web seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Communicator, dan lain sebagainya.

6. Streaming adalah suatu teknik untuk mentransfer data sedemikian rupa sehingga dapat diproses sebagai aliran yang stabil dan berkelanjutan, sehingga memungkinkan pemutaran file audio dan video tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu ke komputer Anda.

Leave a reply: