Inilah Cara Memperbaiki Website yang Kena Hack

Inilah Cara Memperbaiki Website yang Kena Hack

Mengingat akhir-akhir ini kejahatan hacker semakin merajalela, sangat penting bagi para pemilik website agar lebih meningkatkan sistem keamanan websitenya. Pada sebuah website, keamanan memang menjadi hal utama yang sangat wajib dijaga. Karena apabila keamanan website sudah tidak aman, maka akan berpotensi terkena hack dan semua data di dalamnya akan dapat hilang dan pengunjungnya pun dikhawatirkan dapat terkena imbasnya juga. Namun bagi website yang sudah terlanjur kena hack, tidak perlu khawatir dan merasa cemas. Berikut ini cara memperbaiki website yang kena deface saat di hack:

    1. Ubah Password

      Step awal yang penting dilakukan adalah mengganti password cpanel dan password website serta password database yang ada di website. Penting untuk diketahui bahwa password yang kurang kuat merupakan kelemahan terbesar yang sering dimanfaatkan oleh para hacker. Jadi, sebaiknya Anda langsung dapat menggantinya dengan sesegera mungkin.

    2. Periksa Satu Persatu File Website AndaUntuk dapat menemukan dimana letak serangan hacker pada website Anda, Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools Malware untuk dapat menemukan halaman mana saja yang terserang oleh malware, setelah itu Anda dapat menghapusnya.Stepnya dengan masuk ke halaman menu ‘Health’, pilih malware, lalu klik ‘Request a Review’.Pilihan lainnya adalah, pemilik website juga dapat memeriksa dengan memanfaatkan Google Safebrowsing Diagnostic untuk mendetectnya jika kemungkinan masih ada aktivitas di website yang kemungkinan berbahaya.
    3. Scan menggunakan ToolsZed Attack Proxy (ZAP) adalah alat pengujian penetrasi terintegrasi yang mudah digunakan untuk menemukan kerentanan dalam aplikasi web. Tools ini dirancang untuk dapat digunakan oleh orang-orang dengan berbagai pengalaman security dan ideal untuk pengembang dan penguji fungsional yang baru dalam pengujian penetrasi.Anda dapat mendownloadnya  pada link berikut ini: https://karyawan.co.id/AIkQME   Selamat mencoba..

Leave a reply: